Wednesday, July 28, 2010

Belajar mengenal isi Joomla

Sudah mencoba menginstal Joomla melalui tutorial yang lalu? Selamat kamu telah berhasil menginstal Joomla di komputer lokal. Dengan demikian anda dapat mengeksplorasi Joomla dengan mudah dan cepat. Selanjutnya, kita akan bahas sedikit istilah dan bagian-bagian yang ada di Joomla :
*. Front End
Ini merupakan halaman depan atau halaman yang dikunjungi oleh user umum tanpa perlu melakukan login, seperti halaman artikel depan.
*.Back End

Merupakan halaman yang hanya dapat dikunjungi oleh administrator atau siapa saja yang telah diberi hak. Halaman ini hanya bias dibuka dengan menggunakan password, berfungsi untuk mengedit atau meng-update konten atau konfigurasi dari web. Halaman ini biasa disebut halaman administrasi.
Bagian-bagian Front End

Struktur default dari front end Joomla! sebelum kamu utak-atik adalah sebagai berikut :
*. Menu
Menu merupakan navigasi bagi pengunjung untuk berkelana disebuah website. Dengan meng-klik menu pengunjung bisa melompat dari satu halaman ke halaman yang lain. Beberapa jenis menu yang ada di Joomla antara lain :
1. Top Menu.
Terletak di bagian atas halaman  web. Biasanya digunakan untuk menempatkan link-link halaman penting. Dapat dibayangkan seperti sebuah shortcut. Biasanya berisi link terpilih, seperti info perusahaan, produk, layanan, kontak dan yang lain.
2. Main Menu.
Biasanya terletak pada sisi halaman web. Biasanya menjadi navigasi sentral, karenanya selalu tampil pada setiap halaman.
3. Other Menu.
Adalah menu yang memberikan fleksibilitas untuk mengorganisasikan link-link. Seperti berisi komponen, shopping cart, dll.
*. Content
Inilah inti pembuatan web, Content! Konten bisa saja berupa artikel, halaman statis, direktori link, buku tamu, dan yang lainya. Beberapa konten Joomla yang dinamis antara lain :
1. First Page.
Merupakan suguhan pertama kali jika anda membuka web, biasanya artikel yang berada di blok tengah, inilah yang disebut front page, first page atau home page.
2. Latest News.
Adalah daftar terakhir dari berita atau artikel yang dikumpulkan dalam satu blok, sehingga pengunjung dapat langsung mengetahui judul terbaru dari posting kita.
3. Popular.
Daftar berita atau artikel yang paling sering dibaca pengunjung. Ini juga dikumpulkan dalam satu blok khusus.

*. Advertising
Saat ini banyak pendapatan yang diperoleh dari sebuah website. Untuk mendapatkannya, space iklan mutlak diperlukan dan Joomla! memahami kebutuhan penggunanya. Maka tersedia manajemen isi yang khusus mengelola advertisement ini.
*. Additional Functions
Merupakan elemen-elemen yang dibuat untuk memungkinkan interaksi. Fungsi ini disebut dengan modules. Fungsi ini membutuhan sebuah ruang di halaman dan isinya mempunyai fungsi tertentu. Beberapa fungsi default antara lain :
1. Pooling.
Adalah modul yang dapat digunakan untuk mengetahui opini pengunjung tentang sebuah isu yang kamu tuliskankan. Kamu dapat mengisinya sesuai kebutuhan.
2. Who is Online.
Module ini digunakan untuk mengetahui siapa yang sedang mengunjungi situs anda saat ini.
3. Login Area.
Merupakan module bagi pengunjung untuk dapat masuk ke protected area. Halaman yang tidak perlu login disebut Public Area. Setelah login anda bisa mengakses halaman yang sebelumnya diprotek oleh administrator.
4. Search.
Adalah modul pencarian terhadap konten atau materi web.
5. Feeds.
Fitur web yang saat ini banyak diminati, merupakan ringkasan kumpulan artikel web yang terstandar. Feeds ini digunakan sebagai bentuk sindikasi web. Banyak aplikasi yang berfungsi sebagai feed readers, salah satunya Microsoft Outlook. Dengan adanya feed ini pengunjung tidak harus membuka seluruh web, cukup melihat judul yang diminati.
*.Decorative Elements
1. Logo.
Area yang berisi logo situs kamu. Ini merupakan bagian dekoratif sebuah situs yang menunjukan identitas web sekaligus sebagai penyedap mata. Untuk membuatnya diperlukan keahlian desain grafis misalnya menggunakan Adobe Photoshop, Fireworks maupun yang lainnya.
Bagian-bagian Back End
Pengelolaan administrasi web (Back end) pada Joomla disebut Joomla Administration. Kamu dapat masuk ke area ini melalui alamat C://localhost/administrator(untuk pengguna Wampserver).
Gunakan username dan password kamu untuk dapat masuk ke control panel.

No comments:

Post a Comment