Wednesday, July 28, 2010

Cara menginstal extensions Joomla

Website sudah selesai dibuat, langkah apa yang seharusnya kita lakukan? Tentu banyak pekerjaan penting yang perlu kita lakukan, salah satunya yaitu menginstall ekstension yang sesuai untuk situs Joomla kita.
Apa yang dimaksud dengan ekstension? Dalam terminologi Joomla, istilah Joomla Extension digunakan untuk mengelompokkan beberapa program kecil yang bisa ditambahkan ke dalam situs. Ada lima tipe extension yang bisa Anda pakai untuk menambah fungsionalitas situs, yaitu Components, Modules, Plugins,Templates dan Languages. Masing-masing tipe extension tersebut memiliki ciri khas dan fungsi yang berbeda-beda.
1. Components
Elemen tipe ini bisa Anda bayangkan sebagai aplikasi mini. Dengan kata lain component bisa menambah fungsionalitas dari suatu website secara lengkap. Contohnya adalah VirtueMart. Setiap component terdiri dari dua bagian, yaitu back-end yang dipakai untuk keperluan administrasi dan front-end untuk menampilkan informasi. Anda bisa memanage component melalui menu Components.
2. Modules

Modules merupakan extension yang berfungsi untuk menampilkan informasi pada situs. Extension tipe ini bisa juga ditempelkan pada component. Kamu bisa memanage modules melalui menu Extensions > Module Manager.
3. Plugins
Plugins dipakai untuk menangani event tertentu, misalnya untuk menyisipkan movie ke dalam artikel, menampilkan tool tips dan sebagainya. Nama lain dari plugins adalah Mambots. Kamu bisa mengatur plugin melalui menu Extensions > Plugin Manager.
4. Templates
Extension ini dipakai untuk mengatur tampilan dari situs yang meliputi desain dan layout-nya. Kamu bisa mengaturnya melalui menu Extensions > Template Manager.
5. Languages
Extension ini digunakan untuk mengatur setting bahasa yang dipakai dalam situs. Kamu bisa memanage-nya melalui menu Extensions > Language Manager.
Secara umum Joomla Extension biasanya didistribusikan dengan cara yang sama yaitu menggunakan format file zip. Sebagian besar extension bisa kamu download dari situs resmi joomla atau pada blog ini di bagian menu download. Tentunya jika di blog ini semuanya gratis dan disertai dengan tutorial instalasi.
Kamu bisa menginstall extension melalui menu Extensions > Install/Uninstall. Setelah proses instalasi selesai secara otomatis Joomla akan mengelompokkan extension tersebut sesuai dengan tipenya. Ekstensi joomla dirancang untuk diintegrasikan dalam joomla yang memungkinkan kamun untuk mengubah tampilan atau dalam memperluas fungsionalitas situs Web. Extension Joomla 1.5 meliputi komponen, modul dan plugin, serta paket bahasa dan template.
Di sini saya akan memberikan penjelasan singkat Tips sekaligus cara installasi extension joomla atau sebaliknya melakukan uninstall extension joomla.
Langkah-langkah menginstall Extensions joomla :
1. Ketika kamu menginstal ekstensi pastikan kamu mendownload mereka dari sumber-sumber yang dikenal. Kamu dapat menemukan pilihan extension joomla, sebagai contoh pada situs resmi joomla extensions atau pada blog ini. Klik disini untuk melihat kumpulan extensions di blog ini.
2. Login ke halaman administrator Joomla > masuk ke Menu Extensions > PilihInstall / Uninstall.
3. Pada bagian Package File klik Browse dan cari file extensi yang akan dilakukan installasi.
4. Klik Upload File & Install untuk meng-upload file dan menyelesaikan installasi.
5. Beberapa komponen memerlukan langkah tambahan untuk menyelesaikan installasi. Kamu akan dapat mengelolanya dari menu Components melalui back end administrator joomla.
Kamu dapat juga  menginstal komponen lain / modul / plugin / template untuk Joomla 1.5 berikut langkah-langkah yang sama sesuai panduan diatas.
Untuk menginstall template caranya sama seperti diatas hanya saja setelah mengupload file template kamu harus mengaturnya terlebih dahulu pada menu template manager.
Caranya : pada template name, checkbox nama template yang baru kamu install lalu klik Default (Gambar bintang pada pojok kanan atas).
Bagaimana cara menghapus extensi joomla sudah terinstall / Uninstall extensions? Kamu dapat menghapus ekstensions Joomla dari halaman administrator > Masuk menu ‘Extensions’ > pilih‘ Install/Uninstall’. Tergantung pada jenis ekstensi yang akan dihapus, kamu harus klik pada salah satu dari berikut : Components, Modules, Plugins, Languages, Template. Kemudian dari ekstensi yang tersedia pilih salah satu yang ingin dihapus dan klik tombol Uninstall. Ini akan menghapus ekstensons dari instalasi Joomla kamu.
Note: Harap dicatat bahwa komponen yang dibangun untuk Joomla 1.0.x tidak dapat diinstal pada Joomla 1.5 kecuali Legacy mode diaktifkan.

3 comments:

  1. thx bgt udh share ! jgn lupa kunjungan balik ya di www.ebali-tour.com. thx

    ReplyDelete
  2. Matur suwuun sanget mas Yudis.. Insya Allah Ilmunya sangat bermanfaat. Amiin.
    Aam

    ReplyDelete
  3. Mau nanya ni gan, Plug In manager di joomla yang saya gunakan ko bisa hilang....??? Mohon Pencerahan donk Gan...

    ReplyDelete