Wednesday, July 28, 2010

Cara membuat artikel baru di Joomla 1.5

Bagi kamu yang baru mengenal Joomla mungkin akan mengalami sedikit kesulitan tentang bagaimana cara membuat artikel baru di Joomla. Bagi sobat yang merasa bingung untuk membuat artikel baru di Joomla dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Login ke halaman administrator (back end) dengan Username dan Password kamu.
2. Klik icon Add New Article pada Contol Panel
3. Halaman yang muncul dinamakan halaman editor.
4. Pada bagian Title silahkan isi dengan judul artikel baru sobat. Untuk Alias dikosongkan pun tidak apa-apa. Dikarenakan kamu belum membuat section dan category maka untuk kali ini pada bagian Section dan Category biarkan saja pada pilihan Uncategorised. Pastikan pada bagian Published yang ditandai adalah tombol radio Yes dengan tujuan agar artikel yang akan sobat buat itu dipublish saat itu juga setelah kamu selesai menulis artikel dan telah mengklik Icon Apply atau Save yang ada di pojok atas sebelah kanan. Pada bagian Front Pagepilihan awal adalah No, namun agar artikel baru sobat ini bisa berada di Front Page (halaman depan), maka ubahlah pilihannya menjadi Yes.

5. Sekarang silahkan ketik artikel baru sobat di area  yang sudah disediakan. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan microsoft word mungkin area untuk membuat artikel ini tidak akan membuat bingung karena layout nya hampir sama, mulai dari Icon-icon yang disediakan untuk mengatur format tulisan seperti icon B untuk menebalkan tulisan, icon I untuk membuat tulisan menjadi miring, icon U untuk menggaris bawahi tulisan, Icon-icon perataan tulisan (rata kanan, rata tengah, rata kiri, dan rata kanan dan kiri), Icon style paragraph, icon format font (huruf) dan icon-icon lainya yang berguna untuk mengatur artikel.
6. Jika kamu telah selesai membuat artikel maka untuk mempublishnya silahkan klik Icon Save yang terletak di atas sebelah kanan dan untuk melihat halaman Front End silahkan klik Preview.
7. Selesai

1 comment: