Wednesday, July 28, 2010

Meningkatkan Loading dan Performa Joomla

Apakah web joomla kamu terasa berat saat loading atau terasa kurang performa.? Silahkan perhatikan tutorial dibawah ini untuk membantu web joomla kamu lebih performa.
1. Joomla Template
Pemilihan template yang kurang tepat untuk web joomla kamt dapat mempengaruhi performa bila tidak di optimalkan secara benar. Ketika memilih atau membuat template, perlu diperhatikan point-point berikut :
*. Pastikan template yang kamu gunakan atau buat menggunakan XHTML/CSS code. Jika code ini tidak benar maka browser akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menampilkan web joomla kamu secara keseluruhan. Banyak sekali online tool yang dapat kamu gunakan untuk mengecek kode XHTML dan CSS code. Silahkan googling sendiri.. :D

*. Optimalkan gambar yang kamu gunakan, semakin kecil ukuran gambar akan semakin bagus. Semakin sedikit gambar yang digunakan akan meningkatkan performa situs Joomla kamu.
2. Matikan fungsi statistik di situs Joomla.
Hal ini dapat meningkatkan waktu loading joomla kamu. Jika fungsi ini diaktifkan, maka setiap orang yang mengunjungi situsmu akan di catat ke dalam mySQL database. Untuk me-nonaktifkan fungsi ini kamu  dapat login ke backend administrator situs Joomla, pilih Select Site / Global Configuration kemudian pilih Statistics.
3. Aktifkan Cache
Saat pertama kali menginstall joomla maka fungsi cache tidak di aktifkan secara otomatis, kamu dapat mengaktifkan fungsi ini untuk meningkatkan performa situs Joomla. Kamu dapat mengatur cache untuk page content seperti halnya untuk module content. Untuk mengaktifkan fungsi ini kamu dapat menuju Select Site / Global Configuration kemudian pilih Cache.
4. Modules
Semakin banyak modules yang kamu gunakan pada web joomla kamu, maka akan semakin lama waktu yang di butuhkan untuk membuka situs. Jika kamu ingin menggunakan modules maka gunakan sesuai keperluan saja.
5. Error reporting
Me-nonaktifkan error reporting di situs Joomla, juga dapat meningkatkan performa situs.
Untuk me-nonaktifkan error reporting pilih Select Site / Global Configuration kemudian pilih Server dan set pilihan Error Reporting ke none.
Semoga berhasil..

No comments:

Post a Comment