Wednesday, July 28, 2010

Mengatur Menu dan Content Joomla

Setelah kamu login ke administrator (www.alamatweb.com/administrator), pertama kamu atur dahulu adalah setting web secara global. Untuk itu, pilih menu site > Global Configuration. Pada submenu site tidak ada yang perlu dirubah, mungkin kamu bisa mengganti Allow User Registration : dari yes menjadi No jika kamu tidak memberikan ijin orang lain mendaftar jadi user di website kita. setelah di ubah klik Apply.
Di bagian locale, kita bisa ubah jamnya ke (UTC +07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Jangan lupa klik aplly untuk menyimpannya. Kemudian di bagian content kita bisa ubah Linked Titles : dari no menjadi yes kamu ingin judul tulisan kita berubah jadi link. Data base dan server biarkan saja.
Di bagian metadata kamu isi dengan deskripsi website kita pada bagian Global Site Meta Description dan kita isi dengan kata kunci yang berhubungan dengan isi website kamu Global Site Meta Keywords. Untuk yang lainnya biarkan saja dengan settingan aslinya. Setelah itu klik save untuk menyimpan settingan baru kita.
Setelah mengatur bagian global Configuration. Sekarang kamu hapus saja yang tidak diperlukan. Misalnya artikel dan link bawaan ketika kita menginstal joomla.

Untuk menghapus artikel kamu masuk ke menu content, pilih all contents items. Ceklist artikel-artikel bawaan yang ada kemudian klik trash (di pojok kanan atas). Untuk menghapus link menu yang tidak diperlukan, masuk ke menu > main menu. Akan tampil daftar menu seperti home, news, link, search, dll. Ceklist menu yang ingin di hilangkan, klik trash untuk menghapus. Lakukan hal yang sama untuk menu lain seperti other menu, top menu, dll. Untuk menghapus link bawaan, masuk ke components. Pilih web link > web links item. Ceklist link yang ingin dihapus. Klik delete. Untuk menghapus kategori atau section yang sudah ada, kamu harus membersihkan dulu sampah artikel yang tadi kamu hapus. Masuk ke menu site > trash manager klik tombol delete. Setelah itu urutan menghapusnya adalah kamu hapus dahulu categorinya baru kita hapus sectionnya. Masuk menu > content > categori/section manager, tandai categori/section yang ingin kamu hapus, klik delete. Jika sudah jangan lupa klik save.
Untuk membuat atau memasukan artikel baru kamu harus membuat dulu section dan categorinya. Dalam hal ini kedudukan section lebih tinggi dari categori. Artinya sebuah section bisa berisi beberapa categori dan di dalam categori inilah kamu akan menempatkan artikel yang sesuai dengan categori tersebut. Jadi sebelum membuat artikel kamu harus membuat categorinya terlebih dahulu dan sebelum mebuat categori harus membuat sectionnya dahulu. Untuk membuat section klik content > section manager. Klik new untuk membuat section baru. Isi Title dan Section name yang sesuai (sama juga boleh). Misalnya info. Pada bagian description nya bisa diisi dengan deskripsi dari section yang kita buat. yang lainnya dibiarkan saja. Klik save. Untuk membuat categori baru caranya sama. Masuk ke content > categori manager. Klik new. Isi bagian Category Title dan Category Name, boleh sama. Kemudian pilih section yang sesuai. Misal sectionnya info, kategorinya info sepak bola atau info mancanegara. Isi deskripsi atau kosongkan saja. Setelah itu klik save. Jika kategorinya ingin disembunyikan dari umum, tandai categorinya klik unpublish. dan demikian juga sebaliknya jika ingin ditampilkan lagi, di ceklist dan klik publish.
Kemudian untuk membuat artikel baru, klik content > all content. Setelah daftar artikel keluar, klik new. Setelah itu tuliskan artikel baru pada kolom yang tersedia. jangan lupa mengisi judul dan memilih section dan categori yang sesuai isi artikel. Ceklist bagian Show on Front Page jika ingin artikel tampil dihalaman depan. Jika ingin artikel tampil sebagian saja agar tidak terlalu panjang di halaman depan, bagi artikel 1-2 paragraf di kolom pertama dan sisi artikel di kolom kedua. Orang yang ingin membaca keseluruhan artikel bisa membacanya dengan mengklik read more.… Setelah itu klik save untuk menyimpan artikelnya. Di halaman conten items jika mau disimpan agar tidak dibaca oleh umum, tandai categorinya klik unpublish. dan demikian juga sebaliknya kalau mau ditampilkan lagi, di ceklist dan klik publish. Jika mau di edit, ceklist judul artikelnya dan klik edit.
Untuk memasukan link baru caranya hampir sama. Masuk ke menu component > web links categori untuk membuat category baru. Setelah itu kembali ke component kemudian pilih web links items > new. Isi bagian Name dengan nama link yang akan tampil kemudian pilih category. Isi url dengan alamat webnya lalu isi description dengan penjelasan kita tentang website yang kita link tersebut. Kemudian klik save.
Agar tampilan kumpulan artikel di halaman depan/ home web kita tidak ditampilkan terkotak-kotak, kita bisa mengaturnya di menu home > menu > main menu > home. Pada bagian Columns isi dengan angka 1. Begitu juga pada menu blognya.
Selesai.. Untuk pengaturan yang lainya silahkan kamu berkreasi sendiri.

No comments:

Post a Comment